Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4314
Title: | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHANMASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJARSISWA SMP SWASTA CERDAS MANDIRI |
Authors: | SIREGAR, ELFRIDA 187115016 Zahari, Cut Latifah |
Keywords: | pengembangan perangkat pembelajaran matematika pembelajaran berbasis realistik pemecahan masalah, kemandirian belajar |
Issue Date: | 22-Jul-2022 |
Publisher: | Pascasarjana Pendidikan Matematika 04 2025 PPS PEND.MM |
Abstract: | Penenlitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan menggunakan perangkat pembelajaran Realistik. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar peserta didik dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Realistik3) Untuk mendeskripsikan kevalidan perangkat pembelajaran yang didkembangkan berbasis Realistikterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar peserta didik. 4) Untuk mendeskripsikan kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Realistikterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar peserta didik. 5) Untuk menemukan perangkat pembelajaran berbasis Realistikyamg efektifterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan pengembangan menggunakan model pengembangan dick and carey yang telah dimodifikasi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Adapun instrument yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah, angket kemandirian peserta didik, angket respon siswa, lembar keterlaksanaan perangkat pembelajaran dan, dan lembar observasi guru. Dari hasil uji coba satu dan uji coba II diperoleh: 1)terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan menggunakan perangkat pembelajaran realistik yang dikembangkan. Pada hasil uji coba I dan hasil uji coba II yaitu sebesar 13,52% 2) terdapat peningkatan peningkatan kemandirian belajar peserta didik yang di ajar dengan menggunakan perangkat Pembelajaran yang dikembangkan. Pada hasil uji coba I dan hasil uji coba II yaitu sebesar 9,8%. 3) perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Realistik telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kriteria masing – masing. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4314 |
Appears in Collections: | TESIS |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
1. COVER.docx | cover | 4.51 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
2. TANDA PERSETUJUAN TESIS.docx | TANDA PERSETUJUAN TESIS | 296.55 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
3. SURAT PERNYATAAN.docx | SURAT PERNYATAAN | 337.06 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
4. ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 354.79 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
5. KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 214.99 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
6. DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 25.84 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
12. DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 216.12 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
13. Lampiran.docx | Lampiran | 2.84 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
14. BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 301.92 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
7. BAB I.docx | BAB I | 301.64 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
8. BAB II.docx | BAB II | 279.3 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
9. BAB III.docx | BAB III | 309.89 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
10. BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 1.48 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
11. BAB V.docx | BAB V | 214.83 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.