Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4424
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | PEBRIANTI, TASYA | - |
dc.contributor.author | 201434021 | - |
dc.contributor.author | Hasanah | - |
dc.date.accessioned | 2025-01-24T07:31:13Z | - |
dc.date.available | 2025-01-24T07:31:13Z | - |
dc.date.issued | 2024-07-23 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4424 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini berawal dari kenyatan di SD Negeri 101952 Tualang bahwa belum efektifnya kegiatan belajar mengajar, masih banyak siswa yang memiliki nilai rendah khususnya pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan menganalisis adanya pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi gaya di sekitar kita di kelas IV SD Negeri 101952 Tualang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas IV A yang berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes bentuk pilihan berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada perolehan uji hipotesis posttest melalui uji-t pada taraf signifikan 0,05 dimana thitung>ttabel yaitu (6,758 > 1,706) hasil ini diperkuat dengan pencapaian rata-rata nilai siswa kelas pembelajaran konvensional dengan nilai 71,34 sedangkan model Project Based Learning memperoleh nilai 83,65. Hasil ini menunjukkan bahwa aktivitas kegiatan siswa dapat dikategorikan baik dalam menggunakan model Project Based Learning. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 12 PGSD 2025 | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar IPAS | en_US |
dc.subject | Model Project Based Learning | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI GAYADI SEKITAR KITA DI KELAS IV SDNEGERI 101952 TUALANG | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 336.15 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA.docx Restricted Access | BIODATA | 203.61 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
COVER.docx | COVER | 267.03 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 27.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 22.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 54.87 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 1.55 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 216.28 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx | BAB I | 131.49 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB II.docx | BAB II | 222.52 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB III.docx | BAB III | 152.94 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 169.67 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx | BAB V | 97.52 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.