Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4744
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSUJI, NUR MAULIDDINA-
dc.contributor.author191114024-
dc.contributor.authorHarahap, Irham Habibi-
dc.date.accessioned2025-06-26T05:00:14Z-
dc.date.available2025-06-26T05:00:14Z-
dc.date.issued2023-10-31-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4744-
dc.description.abstractKemampuan komunikasi matematis termasuk dalam standar kemampuan matematis yang diperlukan oleh siswa. Namun kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah karena dalam proses pembeJajaran matematika umumnya terlalu berkonsentrasi pada latihan soal yang bersifat prosedural dan mekanistik daripada pengertian. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self-esteem siswa adalah pembelajaran REACT. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembe]ajaran kontekstual berbasis REACT; 2) Untuk mengetahui peningkatan self esteem siswa melalui pembelajaran kontekstual berbasis REACT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII MTs Nurul Iman Tanjung Morawa. sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan VlII-4 sebagai kelas kontrol di MTs Nurul Iman Tanjung Morawa. Jnstrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes kemampuan komunikasi matematis yang dibuat dalam bentuk uraian (pretes-postes), dan instrumen non-tes berupa angket Self-esteem. Analisis data menggunakan uji-t pada data pretes-postes melalui Spss for Windows version 20. Dari basil analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kontekstual berbasis REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Self-esteem siswa yang menggunakan model pembelajaran Kontekstua] berbasis REACT lebih baik daripada Self-esteem yang memperoleh model pembelajaran Kontekstual.en_US
dc.publisherFKIP UMN AL WASHLIYAH 13 PEND. MM 2025en_US
dc.subjectKomunikasi Matematisen_US
dc.subjectREACTen_US
dc.subjectSelf esteemen_US
dc.titlePENINGKA TAN KEMAM PUAN KOMUN IKA SI MATEMATIS DAN SELF ESTEEMSISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS REACTen_US
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
191114024_File1.docx191114024_File1452.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open
191114024_File2.docx191114024_File2564.58 kBMicrosoft Word XMLView/Open
191114024_File3.docx191114024_File3198.94 kBMicrosoft Word XMLView/Open
191114024_File9.docx
  Restricted Access
191114024_File942.16 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
191114024_Fulltext.docx
  Restricted Access
191114024_Fulltext6.58 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
191114024_File4.docxBAB I397.2 kBMicrosoft Word XMLView/Open
191114024_File5.docxBAB II222.67 kBMicrosoft Word XMLView/Open
191114024_File6.docxBAB III179.32 kBMicrosoft Word XMLView/Open
191114024_File7.docx
  Restricted Access
BAB IV220.29 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
191114024_File8.docxBAB V138.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.