Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4744
Title: | PENINGKA TAN KEMAM PUAN KOMUN IKA SI MATEMATIS DAN SELF ESTEEMSISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS REACT |
Authors: | SUJI, NUR MAULIDDINA 191114024 Harahap, Irham Habibi |
Keywords: | Komunikasi Matematis REACT Self esteem |
Issue Date: | 31-Oct-2023 |
Publisher: | FKIP UMN AL WASHLIYAH 13 PEND. MM 2025 |
Abstract: | Kemampuan komunikasi matematis termasuk dalam standar kemampuan matematis yang diperlukan oleh siswa. Namun kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah karena dalam proses pembeJajaran matematika umumnya terlalu berkonsentrasi pada latihan soal yang bersifat prosedural dan mekanistik daripada pengertian. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self-esteem siswa adalah pembelajaran REACT. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembe]ajaran kontekstual berbasis REACT; 2) Untuk mengetahui peningkatan self esteem siswa melalui pembelajaran kontekstual berbasis REACT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII MTs Nurul Iman Tanjung Morawa. sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan VlII-4 sebagai kelas kontrol di MTs Nurul Iman Tanjung Morawa. Jnstrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes kemampuan komunikasi matematis yang dibuat dalam bentuk uraian (pretes-postes), dan instrumen non-tes berupa angket Self-esteem. Analisis data menggunakan uji-t pada data pretes-postes melalui Spss for Windows version 20. Dari basil analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kontekstual berbasis REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Self-esteem siswa yang menggunakan model pembelajaran Kontekstua] berbasis REACT lebih baik daripada Self-esteem yang memperoleh model pembelajaran Kontekstual. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4744 |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
191114024_File1.docx | 191114024_File1 | 452.83 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
191114024_File2.docx | 191114024_File2 | 564.58 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
191114024_File3.docx | 191114024_File3 | 198.94 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
191114024_File9.docx Restricted Access | 191114024_File9 | 42.16 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
191114024_Fulltext.docx Restricted Access | 191114024_Fulltext | 6.58 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
191114024_File4.docx | BAB I | 397.2 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
191114024_File5.docx | BAB II | 222.67 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
191114024_File6.docx | BAB III | 179.32 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
191114024_File7.docx Restricted Access | BAB IV | 220.29 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
191114024_File8.docx | BAB V | 138.96 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.