Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3210
Title: PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING (PBS) TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN METODE KOLOM POLAMATIKA SISWA KELAS VII SMP TAMAN SISWA MEDAN
Other Titles: TESIS
Authors: Nurainun
Latifah Zahari, Cut
Keywords: Problem Solving
Kemandirian
Prestasi Belajar
Issue Date: 10-Jan-2023
Publisher: PASCASARJANA PENDIDIKAN MATEMATIKA 04 PPS PEND.MM 2022
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model problem solving ( PBS ) terhadap kemandirian dan prestasi belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan metode kolom polamatika siswa kelas VII SMP Taman Siswa Medan .Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Taman Siswa Medan Tahun ajaran 2022 /2023. Dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan dengan pertimbangan tertentu sehingga jumlah Sampel dalam penelitian ini ada 41 siswa.Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa nilai rata-rata skor prestasi belajar adalah 58. Hal ini menunjukan bahwa nilai median pada prestasi belajar siswa berada pada kategori kurang dengan menunjukkan nilai median sebesar 58. Adapun nilai modus sebesar 32 menunjukkan bahwa perolehan nilai pada kemampuan memahami dengan frekuensi terbesar adalah 32.Model pembelajaran problem solving dan kemandirian belajar secara Bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Taman Siswa Medan yaitu R2 = 0,53 sehingga dapat dikatakan bahwa sekitar 53% variasi skor prestasi belajar matematika siswa dapat dijelaskan secara bersama-sama dari skor model pembelajaran problem solving dan kemandirian belajar. Model pembelajaran problem solving siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Taman Siswa Medan. Kemandirian belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Taman Siswa Medan.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3210
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK511.41 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA.docxBIODATA362.53 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER200.08 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI28.62 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA32.12 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR620.67 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN1.71 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
SURAT PERNYATAAN.docxSURAT PERNYATAAN386.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN.docxTANDA PERSETUJUAN328.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx422.31 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docx494.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docx438.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docx437.81 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB V.docx416.17 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.