Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3210
Title: | PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING (PBS) TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN METODE KOLOM POLAMATIKA SISWA KELAS VII SMP TAMAN SISWA MEDAN |
Other Titles: | TESIS |
Authors: | Nurainun Latifah Zahari, Cut |
Keywords: | Problem Solving Kemandirian Prestasi Belajar |
Issue Date: | 10-Jan-2023 |
Publisher: | PASCASARJANA PENDIDIKAN MATEMATIKA 04 PPS PEND.MM 2022 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model problem solving ( PBS ) terhadap kemandirian dan prestasi belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan metode kolom polamatika siswa kelas VII SMP Taman Siswa Medan .Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Taman Siswa Medan Tahun ajaran 2022 /2023. Dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan dengan pertimbangan tertentu sehingga jumlah Sampel dalam penelitian ini ada 41 siswa.Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa nilai rata-rata skor prestasi belajar adalah 58. Hal ini menunjukan bahwa nilai median pada prestasi belajar siswa berada pada kategori kurang dengan menunjukkan nilai median sebesar 58. Adapun nilai modus sebesar 32 menunjukkan bahwa perolehan nilai pada kemampuan memahami dengan frekuensi terbesar adalah 32.Model pembelajaran problem solving dan kemandirian belajar secara Bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Taman Siswa Medan yaitu R2 = 0,53 sehingga dapat dikatakan bahwa sekitar 53% variasi skor prestasi belajar matematika siswa dapat dijelaskan secara bersama-sama dari skor model pembelajaran problem solving dan kemandirian belajar. Model pembelajaran problem solving siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Taman Siswa Medan. Kemandirian belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Taman Siswa Medan. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3210 |
Appears in Collections: | TESIS |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 511.41 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA.docx | BIODATA | 362.53 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 200.08 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 28.62 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 32.12 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 620.67 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 1.71 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
SURAT PERNYATAAN.docx | SURAT PERNYATAAN | 386.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN.docx | TANDA PERSETUJUAN | 328.9 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx | 422.31 kB | Microsoft Word XML | View/Open | |
BAB II.docx | 494.05 kB | Microsoft Word XML | View/Open | |
BAB III.docx | 438.24 kB | Microsoft Word XML | View/Open | |
BAB IV.docx | 437.81 kB | Microsoft Word XML | View/Open | |
BAB V.docx | 416.17 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.