Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4507
Title: PENGEMBANGAN MEDIAPEMBELAJARAN DINDING KATA BERBANTUANPOWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANMEMBACA PADA MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWAKELAS 1 SDN 104241 LUBUK PAKAM
Authors: POHAN, NUR JANNAH
201434030
Darwis, Umar
Keywords: Pendidikan
Media Pembelajaran
Dinding Kata
Issue Date: 11-Jul-2024
Publisher: FKIP UMN Al-WASHLIYAH 29 PGSD 2025
Abstract: Pendidikan dapat berjalan dengan baik dengan adanya panduan dan pedoman dalam pelaksanaany a yaitu kurikulum, dapat dikatakan kurikulum adalah jantungnya pendidikan,seperti pada kurikulum saat ini yaitu Kurikulum Merdeka. Namun,hasil observasi yang dilakukan dikelas 1 SDN 104241 LubukPakam, menemukan bahwa pada saat proses pembelajaran berlangsung dikelas, siswa cenderung tidak bersemangat dan bosan,dikarenakan belum bervariasinya (bervariatif) dalam menggunakan media pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya tingkat kemampuan membaca siswa. Dari temuan hasil observasi peneliti berasumsi bahwa dibutuhkanya adanya inovasi baru yang dilakukan dalam proses pembelajaran, dengan menentukan media pembelajaran Dinding Kata Berbantuan Power point. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah- langkah pengembangan, kelayakan dan keefektifan media pembelajaran dinding kataberbantuan power point pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas 1 SDN 104241 Lubuk Pakam. Metode penelitian ini menggunakan Researc hand Development(R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis,Design,Development, Implementation,Evaluationdari datatingkat kelayakanm edia pembelajaran Dinding Kata Berbantuan Power point dapat diukur dari tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi yang diajarkan dengan hasil diketahui bahwa presentase hasil tes lisan siswa membaca permulaan melalui tes pretest dan post test siswa kelas SDN104241Lubuk Pakam berjumlah 28 orang siswa.Dari5 perrnyataan yang terdapat pada telaah tes lisan membaca permula an siswa tingkat keterampilan membaca siswa diterapkan media pembelajaran dinding kata berbantuan power point memperoleh skor s ebesar 90,53% dengankategori“layak”,keefektifanmediamemperolehnilaisebesar 76%dengankategori“efektif”.Hasildarikeseluruhanpenilaianyangdidapatkandariangkettelaahyaitusebesar91,17%.Dari skorter sebut dapat dikatakan bahwa media Dinding Kata Berbantuan Power point untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa yang dikembangkan suda b“sangat layak”digunakan pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas 1 SDN 104241 Lubuk Pakam.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4507
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK945.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA.docx
  Restricted Access
BIODATA277.16 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
COVER.docxCOVER167.57 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI28.39 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA23.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR61.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN2.96 MBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN442.49 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docxBAB I127.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II377.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III206.34 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV505.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docxBAB V101.99 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.