Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4520
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Aryana, Nisa | - |
dc.contributor.author | 191434231 | - |
dc.contributor.author | Nurmairina | - |
dc.date.accessioned | 2025-03-04T03:19:20Z | - |
dc.date.available | 2025-03-04T03:19:20Z | - |
dc.date.issued | 2024-12-23 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4520 | - |
dc.description.abstract | Penelitian yang dilaksanakan dikelas IV SD ITK hay rul Fatayaini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Learning.Tindakan tersebut dilakukan dalam dua siklus,dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini antara lain:lembarobservasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru.Data yang dihasilkan kemudian dianalisis untuk mengetahui hasil yang diperoleh setiap siklusnya dan untuk mengetahui perkembangan dari setiap tindakanyang diberikan. Berdasarkan hasil observasi perhitungan hasil belajar siswa pada siklusI, ada 1 siswa yang memperoleh nilai sangat tinggi,2 siswa yang memperoleh nilai tinggi,1siswa yang memperoleh nilai cukup,6siswa yang memperoleh nilai rendah.Dapat disimpulkan 4 siswa yang tuntas pada saat tes awal dan 6 siswa yang tidak tuntas pada tes awal.Aktivitas siswa pada siklus 1, guru telah mengajar sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran langsung (DirectInstruction). Persentase ketercapaian pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran langsung(Direct Instruction) mendapatkan persentase pada 80% didapat dari hasil observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil observasi perhitungan hasil belajar siswa pada siklusI ,ada1 siswa yang memperoleh nilai sangat tinggi,2 siswa yang memperoleh nilai sangat tinggi,3 siswa yang memperoleh nilai tinggi,4 siswa yang memperoleh nilai cukup dan 1 siswa yang memperoleh nilai sangat rendah. Dapat disimpulkan 9 siswa yang tuntas pada saat tes siklus II dan1 siswa yang tidak tuntas pada tes siklus II. Aktivitas belajar siswa dalam melaksanakan pembelajaran pada siklusII. Persentase ketercapaian pembelajaran tematik menggunakan model cooperative learning dan menggunakan video pembelajaran dapat dikategorikan sangat baik hal ini dapat dibuktikan pada lampiran 2 lembar observasi siswa siklus II adalah 93%. Berdasarkan hasilobservasiguru terhadap kemampuan peneliti dalam Melaksanakan Pembelajaran pada SiklusII.Persentase ketercapaian pembelajaran tematik menggunakan model cooperativ elearning dan menggunakan video pembelajaran dapat dikategorikan sangat baik hal ini dapat dibuktikan pada lampiran hasillembar observasi guru siklus II adalah 100%. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 42 PGSD 2025 | en_US |
dc.subject | Peningkatan hasil belajar | en_US |
dc.subject | Cooperative Learning | en_US |
dc.title | PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN NEGERIKU DIKELAS IV SD IT KHAIRUL FATAYA | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 342.93 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA.docx Restricted Access | BIODATA | 63.42 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
COVER.docx | COVER | 21.56 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 17.06 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 19.27 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 48.47 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 462.45 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 210.38 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx | BAB I | 120.84 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB II.docx | BAB II | 197.07 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB III.docx | BAB III | 186.01 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 294.36 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx | BAB V | 99.62 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.