Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3798
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSeptirani-
dc.contributor.author191434166-
dc.contributor.authorJuwita, Putri-
dc.date.accessioned2024-06-05T08:51:42Z-
dc.date.available2024-06-05T08:51:42Z-
dc.date.issued2023-10-31-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3798-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalitan, keefektifan, dan kepraktisan bahan ajar Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan berbasis Problem Based learning yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bagaimana pengembangan bahan ajar berbasis Problem Based Learning Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan pada siswa kelas V SDS Kartini panipahan, bagaimana tingkatan kelayakan pengembangan bahan ajar berbasis Problem Based Learning materi Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan muatan IPA pada siswa kelas V SDS Kartini panipahan, dan bagaimana respon peserta didik terkait pengembangan bahan ajar berbasis Problem Based Laerning materi Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan muatan IPA pada siswa kelas V SDS Karini panipahan. Pembelajaran tema 2 udara bersih bagi kesehatan kelas V di SDS Kartini Panipahan saat pembelajaran berlangsung siswa tidak sepenuhnya memperhatikan penjelasan guru, dikarenakan bosan dengan aktivitas mendengarkan sehingga tema 2 udara bersih bagi kesehatan dirasa kurang menyenangkan bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan bahan ajar tema 2 udara bersih bagi kesehatan berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan. Penelitian menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Produk yang dihasilkan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba kelompok kecil dilakukan dikelas V SDS Kartini Panipahan. Data diambil dari tanggapan siswa dan guru tentang bahan ajar yang telah dikembangkan dan hasil pembelajaran siswa. Hasil penelitian menunjukkan Nilai hasil validasi media yang bernilai 69,4% ialah persentase skor akhir yang didapatkan dengan cara total skor hasil penelitian dibagi dengan skor maksimal dan dikalikan dengan 100%. Maka nilai hasil validasri media bernilai 69,4%. Nilai hasil validasari materi bernilai 85,7% yang didapatkan dari total skor hasil penelitian dibagi dengan skor maksimal serta nilai respon guru dengan nilai 92,3% juga didapatkan dengan perhitungan total skor hasil penelitian dibagi dengan skor maksimal.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 55 PGSD 2024en_US
dc.subjectBahan Ajaren_US
dc.subjectTema 2en_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 2 UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN DI KELAS V SDS KARTINI PANIPAHANen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK1.44 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docxBAB I65.8 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II192.08 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III110.15 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docxBAB IV4.38 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB V.docxBAB V16.52 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA.docxBIODATA62.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER34.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI30.02 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA32.29 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR75.98 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN3.93 MBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN473.19 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.