Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3798
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Septirani | - |
dc.contributor.author | 191434166 | - |
dc.contributor.author | Juwita, Putri | - |
dc.date.accessioned | 2024-06-05T08:51:42Z | - |
dc.date.available | 2024-06-05T08:51:42Z | - |
dc.date.issued | 2023-10-31 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3798 | - |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalitan, keefektifan, dan kepraktisan bahan ajar Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan berbasis Problem Based learning yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bagaimana pengembangan bahan ajar berbasis Problem Based Learning Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan pada siswa kelas V SDS Kartini panipahan, bagaimana tingkatan kelayakan pengembangan bahan ajar berbasis Problem Based Learning materi Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan muatan IPA pada siswa kelas V SDS Kartini panipahan, dan bagaimana respon peserta didik terkait pengembangan bahan ajar berbasis Problem Based Laerning materi Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan muatan IPA pada siswa kelas V SDS Karini panipahan. Pembelajaran tema 2 udara bersih bagi kesehatan kelas V di SDS Kartini Panipahan saat pembelajaran berlangsung siswa tidak sepenuhnya memperhatikan penjelasan guru, dikarenakan bosan dengan aktivitas mendengarkan sehingga tema 2 udara bersih bagi kesehatan dirasa kurang menyenangkan bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan bahan ajar tema 2 udara bersih bagi kesehatan berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan. Penelitian menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Produk yang dihasilkan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba kelompok kecil dilakukan dikelas V SDS Kartini Panipahan. Data diambil dari tanggapan siswa dan guru tentang bahan ajar yang telah dikembangkan dan hasil pembelajaran siswa. Hasil penelitian menunjukkan Nilai hasil validasi media yang bernilai 69,4% ialah persentase skor akhir yang didapatkan dengan cara total skor hasil penelitian dibagi dengan skor maksimal dan dikalikan dengan 100%. Maka nilai hasil validasri media bernilai 69,4%. Nilai hasil validasari materi bernilai 85,7% yang didapatkan dari total skor hasil penelitian dibagi dengan skor maksimal serta nilai respon guru dengan nilai 92,3% juga didapatkan dengan perhitungan total skor hasil penelitian dibagi dengan skor maksimal. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 55 PGSD 2024 | en_US |
dc.subject | Bahan Ajar | en_US |
dc.subject | Tema 2 | en_US |
dc.subject | Pengembangan | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 2 UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN DI KELAS V SDS KARTINI PANIPAHAN | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 1.44 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx | BAB I | 65.8 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB II.docx | BAB II | 192.08 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB III.docx | BAB III | 110.15 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB IV.docx | BAB IV | 4.38 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB V.docx | BAB V | 16.52 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA.docx | BIODATA | 62.26 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 34.74 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 30.02 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 32.29 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 75.98 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 3.93 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 473.19 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.